• Jam Operasional: Senin - Kamis (08.00 - 16.00) | Jumat (07.30 - 14.00)
  • img-1
Banjir Kanal Barat
img-146

Banjir Kanal Barat

Sungai Banjir Kanal Barat (BKB) Semarang disulap menjadi salah satu destinasi wisata Jawa Tengah. Mulai dari area hijau sampai air mancur menari ada di sana.
Banjir Kanal Barat merupakan sistem drainase besar pertama di Kota Semarang yang beroperasi pada tanggal 23 Januari 1879. Nama 'Bandjirkanaal' merupakan bahasa Belanda yang dalam bahasa Indonesia artinya saluran banjir. Bersinergi dengan pemerintah pusat, Pemerintah Kota Semarang menggarap sektor wisata di sana. Menurut Wali Kota yang akrab disapa Hendi itu daerahnya tidak memiliki wisata pantai pasir putih dan gunung tinggi sehingga harus mencari daya tarik lain untuk wisata.

Tepi, sungai BKB Semarang kini bisa untuk bersantai dan olahraga. Tiap pagi atau sore sejumlah perempuan juga membawa speaker besar untuk mengiringi senam. Di Bendungan Plered-nya ada tempat santai berupa taman yang cukup instagramable. Makin malam, cahaya lampu dari jembatan-jembatan di sana mempercantik suasana. Termasuk dengan adanya Semarang Bridge Fountain dimana air mancur menari warna-warni. Wisata air juga sedang dikembangkan di sana, namun menurut Hendi ada masalah ketika ada air surut maka wisata air tidak bisa maksimal. Kini sudah ada bendung gerak di BKB Semarang yang menjaga ketinggian air. Di tepinya pun dibangun taman berukuran kecil.

26



KONTAK KAMI