• Jam Operasional: Senin - Kamis (08.00 - 16.00) | Jumat (07.30 - 14.00)
  • img-1
Desa Wisata Nongkosawit
img-146

Desa Wisata Nongkosawit

Satu spot unggulan di Desa Wisata Nongkosawit, Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah adalah Omah Pang. Lokasinya berada di RT 2 RW 1, sebelah utara Kantor Kelurahan Nongkosawit. 

Omah Pang ditujukan sebagai tempat bagi anak-anak untuk melestarikan seni budaya dan berinteraksi sosial. Hal ini dimaksudkan agar anak-anak terhindar dari ketergantungan terhadap gadget.

Proses pembuatan Omah Pang sendiri sekitar empat bulan. Berlangsung dari Januari hingga April 2019. Pang atau ranting yang digunakan ialah jenis kayu jati.

Berkunjung ke Omah Pang terasa seperti kembali ke masa lampau. Bangunan di sekeliling terbuat dari kayu bersama rindang pepohonan yang menaungi. Bahkan alas bangunan bagian halaman rumah masih dibiarkan berselimutkan tanah liat. 

Di Omah Pang juga terdapat area bermain anak-anak seperti egrang, dakon, blarak sempal, dan beberapa alat permainan tradisional lain. Omah Pang kini juga terbuka bagi semua kalangan. Masuk pun tak dikenakan biaya.

Di Desa Wisata Nongkosawit, ada beberapa spot wisata menarik lain selain Omah Pang. Di antaranya river tubing di Kali Jedung, pemandangan Curug Mahtukung, sawah terasering, permainan tubruk ikan, dan wisata tanam padi.


Sumber informasi : timesindonesia.co.id

26



KONTAK KAMI