• Jam Operasional: Senin - Kamis (08.00 - 16.00) | Jumat (07.30 - 14.00)
  • img-1
Museum ranggawarsita
img-146

Museum ranggawarsita

Museum Ranggawarsita terletak di Jl. Abdulrachman Saleh No 1, Semarang. dengan koleksi benda – benda bersejarah baik asli maupun replika khususnya yang ditemukan di lingkup Jawa Tengah. Nama Ranggawarsita berasal dari nama seorang pujangga yang berasal dari Jawa yang hidup pada abad ke 19 yang merupakan ahli nujum Keraton Kasunanan Surakarta. Karyannya dikenal luas dan banyak dikutip pada Serat Kalatidha yang merupakan buku atau catatan tentang zaman yang penuh ketidakpastian.

Terdapat beberapa gedung di Museum Ranggawarsita diantaranya auditorium, perpustakaan, laboratorium, gudang serta taman. Terdapat empat gedung utama di Museum Ranggawarsita dan kesemuanya masing – masing memiliki dua lantai. Terdapat 59.802 koleksi di Museum Ranggawarsita dari mulai peninggalan masa prasejarah hingga masa memperjuangkan kemerdekaan, jumlah tersebut mungkin akan terus bertambah seiring dengan penemuan – penemuan yang kemudian dipindah ke museum ini..

Bagian depan Museum Ranggawarsita berupa bangunan joglo khas Jawa Tengah. Sebelah kiri bangunan joglo terdapat kereta yang ditarik empat kuda dengan ksatria yang menunggangi dengan membawa panah. Sebalah kiri dan kanannya terdapat arca dwarapala yang seolah menjaga bangunan Ranggawarsita.

Museum Ranggawarsita mulai dibangun pada tahun 1975 dan diresmikan pada tanggal 5 Juli 1989 diatas tanah seluas 2 Ha. Arsitek dari bangunan Museum Ranggawarsita adalah Ir. Totok Rusmanto dari UNDIP. Terdapat beberapa gedung di museum ini dengan klasifikasi benda – benda tertentu.

Gedung A lantai 1 merupakan ruang sejarah alam dengan koleksi kosmologis, geologi dan geografika serta ekologi. Sedangkan pada lantai 2 Gedunga A merupakan ruang palaeontologi, palaeobotani, palaeozoologi dan palaeoantropologika. Gedung B lantai 1 merupakan sejarah peradaban kebudayaan dengan koleksi masa Hindu Buddha, Islam, Eropa dan kraton. Sedangkan pada lantai 2 Gedung B menyimpan koleksi benda purbakala dari zaman batu, zaman logam dan peradaban polinesia. Gedung C merupakan ruang perjuangan bangsa dan etnografi. Gedung D lantai 1 merupakan ruang era pembangunan dan pada lantai 2 merupakan ruang kesenian.


Informasi mengenai Museum Ranggawarsita
Jl. Abdulrahman Saleh No 1, Semarang.
Telp. (024) 7602389
Fax. (024) 7602389
Buka Selasa – Minggu dari jam 8.00 – 15.30. Senin tutup.
Tarif masuk Rp 4.000,- per orang


Sumber informasi : idsejarah.net

Sumber foto : phinemo.com

26



KONTAK KAMI