• Jam Operasional: Senin - Kamis (08.00 - 16.00) | Jumat (07.30 - 14.00)
  • img-1
Kampung Pelangi
img-146

Kampung Pelangi

Mulanya daerah tersebut bernama Kampung Wonosari. Namun, sejak disulap pemerintah kota, nama kampung tersebut berganti menjadi Kampung Pelangi Semarang Kalisari. Rumah-rumah yang awalnya kumuh, kini serupa pelangi. Cat dengan warna ceria sekarang mempercantik kampung itu dari ujung ke ujung.

Tempat wisata unik ini sebenarnya adalah kawasan pemukiman penduduk. Sehingga untuk masuk ke kawasan wisata Kampung Pelangi Semarang tidak perlu membayar tiket masuk. Wisatawan hanya dikenakan tiket parkir saja yang juga sangat murah.

Tidak ada jam buka resmi dari Kampung Pelangi Kalisari. Namun untuk waktu kunjungan terbaik adalah siang hari pada saat cuaca cerah. Hal ini dikarenakan wisatawan bisa mengambil gambar sempurna pada saat kunjungan.

Terdapat sebanyak 300 rumah yang dicat berwarna-warni di Kampung ini. Ada yang berwarna berwarna merah muda, kuning, biru, hingga ungu. Keceriaan warna rumah ini memanjakan mata pengunjung, membuat kampung ini sedap dipandang. Tak ada lagi kesan tak terurus.

Rupanya kampung ini mengadaptasi konsep yang sama dengan Kampung Jodipan di Malang. Sebuah kampung dihias seindah mungkin, hingga kesan kotor tak lagi melekat. Efeknya, lebih jauh, justru menjadi destinasi wisata unik bagi pelancong berbagai daerah.

Mural-mural tersebut umumnya menjadi titik berfoto pengunjung. Selain itu, masyarakat setempat juga membuat berbagai titik foto seru seperti Taman Kasmaran. Disebut demikian karena ikonnya adalah papan siluet pasangan yang bermesraan. Di sini, terdapat pula pot-pot bunga yang memperkental keindahan taman ini.

Akan tetapi, bukan itu yang menjadi keunggulan di Taman Kasmaran. Di sini, pengunjung bisa melihat pemandangan utuh Kampung Pelangi dari atas. Pengunjung bisa berfoto, atau beristirahat di kursi-kursi yang telah disediakan sambil menikmati pemandangan.


Sumber informasi : travelspromo.com

26



KONTAK KAMI