• Jam Operasional: Senin - Kamis (08.00 - 16.00) | Jumat (07.30 - 14.00)
  • img-1
Wisata Curug Kedung Kudhu

Wisata Curug Kedung Kudhu

img-146

Wisata Curug Kedung Kudhu

Di awal tahun 2022, telah ditemukan air terjun baru di salah satu wilayah di Kota Semarang. Air terjun atau curug ini dinamai Curug Kedung Khudu di kelurahan Pudak Payung, Semarang

Lokasi air terjun tidak jauh dari basecamp Kedung Khudu. Butuh waktu kurang lebih 15 menit dengan berjalan kaki menuju ke air terjun. Jalan menuju curug cenderung menurun dan berliku-liku. Walau begitu, jalan itu sudah diberi pengaman berupa pegangan dari bambu yang ditancapkan ke tanah. Selain itu, ada beberapa titik jalan yang terjal tetapi mudah dilalui. Karena sudah dibuatkan tangga dari ban luar mobil yang tak terpakai. Ban karet tersebut sudah disusun sedemikian seperti tangga untuk pijakan bagi yang melintas. Sesampainya di lokasi air terjun, tampak kondisi alam yang masih asri. Ketinggian curug kira-kira 15-20 meter. Air terlihat bening dan segar.

Istimewanya, air ini bisa langsung diminum karena air berasal dari 5 sumber mata air. Kejernihan airnya digadang sama dengan air mineral kemasan. 

Sebelum lokasi, pengunjung bisa menikmati wisata lain. Yakni vihara tertua yang menjadi tapak tilas. Dibangun dan disempurnakan sekitar tahun 1955. Di keliling vihara, ada dua pondok yang dijadikan meditasi. Satu bangunan untuk tempat istirahat bagi wisata.

Setelah dari vihara, ada ondo rante peninggalan Belanda yang harus dilewati 1,5 kilometer dengan jalan kaki lalu melewati jembatan diatas Kaligarang untuk bisa Curug Kedung Kudhu.

26



KONTAK KAMI