• Jam Operasional: Senin - Kamis (08.00 - 16.00) | Jumat (07.30 - 14.00)
  • img-1
Curug Kedung Gandul
img-146

Curug Kedung Gandul

Desa Gedawan merupakan salah satu kelurahan yang berada di kecamatan Banyumanik kota semarang. Desa Gedawan berbatasan dengan beberapa wilayah seperti Desa Padangsari, Desa Banyumanik, Desa Jabungan dan Kabupaten Semarang. Masih asrinya keadaan kawasan Desa Katsura Dabo serta kemudahan akses menuju kawasan Desa Katsura Dabo semakin membuka peluang dan peluang untuk menarik dan mengunjungi wisatawan ke Desa Katsura Dabo. Kecamatan Kedawan merupakan salah satu kabupaten yang mempunyai potensi besar dalam bidang pariwisata. Potensi ini, jika dieksploitasi dan dikelola dengan baik dan berkelanjutan, dapat merangsang dan mendukung kegiatan ekonomi masyarakat lokal.

Selain pariwisata, Desa Kedawan memiliki beberapa program pemberdayaan masyarakat yang dapat memfasilitasi terciptanya mata pencaharian baru bagi warga sekitar. Contohnya adalah program bank sampah dan program Kota Semarang yaitu bazar Tokokopimi bulanan yang mempromosikan produk UMKM di desa Gedawan. Potensi wisata Desa Katsura Daio beragam, mulai dari keindahan alam, budaya dan pendidikan hingga lingkungan pertanian, peternakan, dan perikanan, menawarkan peluang baik untuk pembangunan bersama. kemungkinan desa yaitu tempat wisata seperti Kawasan Wisata Air Terjun Kedung Gandur, Kawasan Wisata Desa Bertema Sapi Perak dan tempat wisata lainnya.

Tempat menuju tempat wisata air terjun Kedung Gandur adalah RW 1 di desa Gedawan. Rute dan medan menuju objek wisata ini dapat diakses dengan kendaraan seperti sepeda motor atau mobil menuju tempat parkir. Untuk memasuki objek wisata “Air Terjun” ini, wisatawan masih harus berjalan kaki selama beberapa menit menyusuri jalan setapak yang berkontur di tanah berbatu, sengaja ditanam atau pepohonan asli, semak belukar, dikelilingi bunga. Untuk mencapai Air Terjun Kudung Gandur harus berhati-hati. Kondisi dan fenomena alam yang dihadirkan oleh air terjun ini sangat indah dan suasana alamnya memberikan perasaan tenang dan damai kepada wisatawan. Secara umum Air Terjun Kedung Gandur cocok bagi wisatawan yang ingin menghabiskan liburannya menikmati suasana tenang, damai, dan pemandangan indah. Selain Air Terjun Kudung Gandur, juga terdapat beberapa tempat wisata dan program pemberdayaan masyarakat lainnya. Daya tarik wisata lainnya adalah Kampung Bertema Sapi Perah di RW 10. Lokasi wisata Desa Bertema Sapi Perah merupakan salah satu tempat edukasi yang dapat memberikan wawasan dan pengetahuan kepada pengunjung mengenai industri susu.

26



KONTAK KAMI