• Jam Operasional: Senin - Kamis (08.00 - 16.00) | Jumat (07.30 - 14.00)
  • img-1
Museum Akpol
img-146

Museum Akpol

Semarang, 9 Maret 2023 – Aset Gedung Museum Akademi Kepolisian (Akpol) beserta fasilitas penunjang dan benda-benda koleksi dari Pusat Sejarah Kepolisian Negara Republik Indonesia (Pusjarah Polri) secara resmi diserahkan kepada Akademi Kepolisian. Acara serah terima dilaksanankan di Gedung baru museum Akademi Kepolisian yang juga terletak di dalam ksatrian Akpol.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Akpol Irjen Pol. Drs. Suroto, M.Si. , didampingi Wakil Gubernur Akpol Brigjen Pol. Awi Setiyono S.I.K, M.Hum sebagai perwakilan Akpol, serta Kapusjarah Polri Brigjen Pol. Hari Nugroho, S.I.K, beserta jajaran mewakili Pusjarah Polri.

Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan paparan oleh Pusjarah Polri mengenai Laporan pembangunan Museum Akpol yang telah dilakukan oleh Pusjarah Polri. Diungkapkan bahwa pembangunan museum Akpol dilakukan dengan mengacu pada standar museum yang modern serta memperhatikan sejarah, keunikan dan karakteristik Akpol.

Gubernur Akpol dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dedikasi yang telah dilakukan oleh Pusjarah Polri dalam membangun Museum Akpol. Beliau meyakini bahwa Museum Akpol dapat menjadi pusat edukasi dan inspirasi bagi para Taruna Akpol dan masyarakat umum dalam memahami sejarah dan peran Akademi Kepolisian Secara Khusus hingga Polri secara umum.

Setelah itu, dilakukan penandatanganan berita acara serah terima aset oleh Kapusjarah Polri dan Gubernur Akpol sebagai tanda telah resmi diserahkannya aset gedung museum Akpol dari Pusjarah Polri ke Akpol. Selain itu, Kapusjarah Polri juga menyerahkan dokumen pembangunan museum kepada Gubernur Akpol.

Acara serah terima aset tersebut diakhiri dengan peninjauan bersama Museum Akpol oleh Gubernur Akpol, Wagub Akpol, Kapusjarah Polri, dan jajaran.

Dengan serah terima aset gedung Museum Akpol beserta fasilitas penunjang dan benda-benda koleksi dari Pusjarah Polri, diharapkan Museum Akpol dapat memenuhi tuntutan zaman dan semakin memperkuat peran dan fungsi sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya kepolisian.


Sumber informasi : akpol.ac.id

26



KONTAK KAMI