• Jam Operasional: Senin - Kamis (08.00 - 16.00) | Jumat (07.30 - 14.00)
  • img-1
Warna Warni Wisata: Menilik Makna Logo "Ayo Wisata ke Semarang"

Warna Warni Wisata: Menilik Makna Logo "Ayo Wisata ke Semarang"

By Super Admin  

Warna Warni Wisata: Menilik Makna Logo "Ayo Wisata ke Semarang"

Cerah dan beragam, adalah 2 kata pertama yang terlintas ketika melihat logo "Ayo Wisata ke Semarang". Logo ini telah menjadi brand pariwisata Kota Semarang semenjak diluncurkan pada waktu yang sangat cantik, 11-11-2011. Logo ini merupakan program promosi yang dicanangkan oleh Pemkot Kota Semarang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam rangka mempromosikan wisata Kota Semarang. Tujuannya, adalah untuk meningkatkan jumlah wisatawan dan menunjukkan bagaimana pesona yang indah serta keragaman wisata yang ada di Kota Semarang. 

Keragaman wisata di Kota Semarang sangat tergambarkan pada logo "Ayo Wisata ke Semarang" ini. Warna warni pada tulisan logo menggambarkan wisata Kota Semarang yang sangat bervariatif. Tetapi keragaman dalam makna logo ini juga menyimpan sisi lain. Bila dilihat dengan saksama, logo "Ayo Wisata ke Semarang" terdiri dari binatang mitologis bernama Warak, yang digambarkan sebagai simbol pemersatu tiga etnis mayoritas yang ada di Semarang. Warak terdiri dari 3 binatang, Naga (Cina), Buroq (Arab), dan Kambing (Jawa). Dalam makna tersendiri, Warak memiliki arti bahwa gabungan tiga simbol melalui binatang mitologis mencerminkan akulturasi atau ragam budaya yang ada di Kota Semarang, tetapi tetap bisa menjadi satu. 

Logo "Ayo Wisata ke Semarang" sangat menggambarkan bagaimana budaya serta etnis yang ada di Kota Semarang. Walaupun memiliki banyak ragam, memiliki banyak perbedaan, tetapi tetap menjadi satu persatuan yang pada akhirnya memiliki identitas yang memiliki pesona tersendiri yang indah. Makna filosofis dari logo ini selain menggambarkan indahnya keberagaman budaya dan pariwsisata, juga dapat menjadi pedoman hidup bagi masyarakat. Simbol keberagaman tetapi tetap menjadi satu, sangat relevan bila digunakan pada masa apapun. 

Ungkapan "Ayo Wisata ke Semarang" juga merupakan suatu ajakan kepada para 'saudara' luar Semarang, untuk datang berwisata menikmati indah nya pesona Kota Semarang. Pemilihan kata "Ayo Wisata" juga dipilih sebagai brand pariwisata tidak lain tidak bukan adalah sebagai ungkapan tulus untuk menyambut bagi siapapun yang ingin berwisata ke Semarang. 

Indah nya pesona Kota Semarang memang sangat sayang bila dilewatkan. Keberagaman budaya dan pariwisata nya yang cantik menjadikan Kota Semarang seringkali dirindukan bagi yang meninggalkan nya.

Jadi, "Ayo Wisata ke Semarang"-nya kapan?

26



KONTAK KAMI