• Jam Operasional: Senin - Kamis (08.00 - 16.00) | Jumat (07.30 - 14.00)
  • img-1
Lomba Konrus Keroncong Semarang 2023

Lomba Konrus Keroncong Semarang 2023

By Admin Chika  

Lomba Konrus Keroncong Semarang 2023

A. Timeline

Sosialisasi 20 November 2023 Pendaftaran dan Pengiriman Karya  20 November - 5 Desember 2023, Penjurian 5 - 6 Desember 2023, Pengumuman Peserta Final 6 Desember 2023, Final dan Pengumuman Juara 10 Desember 2023.

B. Syarat dan Ketentuan

Pendaftaran dilakukan secara daring pada tautan: https:// bit.ly/konkruskeroncongsmg2023

1. Grup harus berasal dan atau memiliki domisili di wilayah Jateng dan DIY.

2. Peserta adalah remaja yang berumur maksimal 25th dibuktikan dengan melampirkan kartu tanda pengenal.

3. Wajib melampirkan fotocopy / scan / foto KTP atau tanda pengenal lain yang berlaku, dari anggota grup (pemain alat musik dan penyanyi).

● Dijadikan satu ke dalam format PDF/doc/docx, dengan format penamaan: (Nama Grup_Nama Pendaftar).

● Kemudian unggah pada isian form yang telah disediakan.

4. Karya berbentuk video dengan ketentuan:

● Kualitas full HD 1080p dan audio bitrate minimal 320 Kbps.

● Grup harus tampil secara langsung (live performance) dan direkam akustik secara langsung.

● Produksi video boleh menggunakan kamera apapun, selama kualitas terjaga dan memenuhi syarat & ketentuan.

● Pengambilan gambar harus menampilkan seluruh pemain alat musik dan penyanyi grup. ●Gambar dan suara harus terlihat serta terdengar jelas.

● Tidak diperbolehkan melakukan lypsync.

● Rekaman Audio wajib diambil secara langsung bersamaan dengan pengambilan video. Editing, mixing, dan mastering TIDAK diperbolehkan.

● Video direkam dengan mode landscape/lanskap (horisontal), atau dengan kata lain memiliki aspect ratio 16:9

● Pengambilan gambar hanya diperbolehkan menggunakan 1 (satu) kamera, dengan pengambilan gambar dari depan, dan kamera dalam posisi statis.

● Pakaian yang digunakan bebas, namun harus sopan dan rapi.

● Karya harus direkam terus menerus/tidak terputus dari awal hingga akhir.

●Durasi video utuh (lagu wajib dan lagu pilihan), maksimal 12 menit, termasuk dengan prolog. ● Setiap peserta/grup hanya boleh mengirimkan 1 (satu) video Video diunggah di google drive pribadi peserta/grup.

5. Pengiriman karya dilakukan dengan menuliskan tautan/link google drive hasil karya peserta, pada isian di formulir pendaftaran

6. Pendaftaran lomba dan pengiriman karya dibuka dari 20 November - 5 Desember 2023 7. Sebelum memulai penampilan, salah satu atau beberapa anggota wajib mengucapkan prolog dengan ketentuan sebagai berikut:

●Lagu Keroncong Kami “nama grup”, dari “alamat/asal”, Peserta Konkrus Keroncong Semarang 2023, akan membawakan sebuah lagu dengan judul “judul lagu”, ciptaan “nama pencipta lagu”.

●Lagu Langgam Jawa Kami “nama grup”, dari “alamat/asal”, Peserta Konkrus Keroncong Semarang 2023, akan membawakan sebuah lagu dengan judul “judul lagu”, ciptaan “nama pencipta lagu”. 8. Jumlah pemain dalam satu grup berjumlah 8 orang, dengan formasi:

● Penyanyi (penampilan lagu pertama dan kedua boleh ganti penyanyi) ●Pemain Flute ●Pemain Biola ●Pemain Cak ●Pemain Cuk ●Pemain Cello ●Pemain Gitar ●Pemain Kontrabass (bass betot)

9.Setiap pemain hanya boleh bermain dalam 1 grup.

10. Setiap grup wajib membuat pernyataan bermeterai, bahwa tiap anggota grupnya, hanya bermain di dalam 1 grup, dan Karya yang dibawakan dalam lomba ini adalah karya yang orisinal, belum pernah diikutkan pada lomba lain, serta belum pernah dipublikasikan (merupakan karya dari proses yang baru). Format surat pertanyaan yang disediakan.

11. Hasil karya peserta tetap menjadi hak milik peserta, namun Konkrus Semarang memiliki hak mengelola (menayangkan, mempublikasikan, atau menjadikan sebagian/keseluruhan karya menjadi sebuah tayangan) untuk tujuan yang sesuai tugas dan fungsi Konkrus Keroncong 2023.

12. Dari seluruh peserta akan dipilih peringkat dengan poin 6 tertinggi yang akan diundang ke Semarang untuk melakukan final secara live.

13. Juknis untuk babag final akan di informasikan kepada peserta 6 besar setelah pengumuman hasil keputusan juri.

14. Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

15. Apabila di kemudian hari ditemukan bahwa apa yang disampaikan dan diproduksi peserta lomba tidak sesuai dengan fakta maupun syarat dan ketentuan ini, juri dan pihak penyelenggara berhak untuk menganulir hasil penjurian, serta peserta wajib mengembalikan apa yang sudah diterima

Link Pendaftaran : https://linktr.ee/konkruskeroncongsmg2023 

informasi lebih lanjut : CP admin 087878254343

 

26



KONTAK KAMI