• Jam Operasional: Senin - Kamis (08.00 - 16.00) | Jumat (07.30 - 14.00)
  • img-1
GEMPAR! Wayang Orang dihadiri 15 Ribu lebih penonton.

GEMPAR! Wayang Orang dihadiri 15 Ribu lebih penonton.

By Super Admin  

GEMPAR! Wayang Orang dihadiri 15 Ribu lebih penonton.

Gelar festival wayang orang nasional Disbudpar Kota Semarang jalin berkolaborasi bersama Kemendikbud, pelaku wayang orang, pelaku seni, Kabupaten/Kota Joglosemar dan Kedungsepur.  Event ini berlangsung dari tanggal 18-21 Oktober 2023 di Taman Budaya Raden Saleh

Di festival wayang orang nasional ini akan menampilkan pertunjukkan Wayang Orang dari berbagai daerah seperti Solo, Yogyakarta, Jakarta, Magelang, Bali, dan masih banyak lagi, selain itu juga ada pameran ekonomi kreatif, workshop wayang, dan pentas seni.

Festival Wayang Orang Nasional ini juga akan dimeriahkan oleh beberapa penampilan wayang, seperti Wayang Potehi, Wayang Suket, Wayang Cenggik, dan pameran UMKM. Event yang terbuka untuk umum dan GRATIS ini juga menyediakan berbagai berbagai pertunjukkan seni budaya dan festival kuliner.

Sekda Kota Semarang, Bapak Iswaraminuddin dalam membuka acara menyampaikan pesan untuk terus nguri uri budaya yang ada karena merupakan warisan yang luar biasa.

Event seni budaya yang megah ini turut menampilkan wayang orang dari 8 kelompok ternama di Indonesia diantaranya WO Bharata Jakarta, WO Sriwedari Solo, WO Suryo Soemirat Solo, WO Paripurna Gianyar Bali, WO Yogyakarta, WO Kabupaten Magelang, WO Surabaya dan WO Ngesti Pandowo Semarang

Di hari pertama jumlah pengunjung yang datang 3.052 orang, di hari kedua sebanyak 3.212 orang datang, di hari ketiga ada 4.352 orang, dan di hari terakhir sebanyak 4.586 penonton. Maka selama empat hari digelar menembus 15 Ribu lebih penonton. Informasi yang diperoleh penonton juga dari berbagai macam platform, sebanyak 54,4% mendapatkan informasi dari Tiktok, 20,8% dari instagram, 13,6 dari teman, 5,6 % dari twitter, dan 6,6% dari lain-lain.

Tentunya pagelaran ini dapat membangkitkan sektor pariwisata dan perekonomian di Kota Semarang, serta mampu memperkenalkan budaya yang ada. 

26



KONTAK KAMI