• Jam Operasional: Senin - Kamis (08.00 - 16.00) | Jumat (07.30 - 14.00)
  • img-1
Menjelajahi Keindahan Situs Sejarah Populer Semarang yang Menyimpan Sejuta Cerita

Menjelajahi Keindahan Situs Sejarah Populer Semarang yang Menyimpan Sejuta Cerita

By Super Admin  

Menjelajahi Keindahan Situs Sejarah Populer Semarang yang Menyimpan Sejuta Cerita

Situs bersejarah di Semarang selalu menjadi pusat perhatian karena keindahan yang dimilikinya. Kawasan Kota Lama Semarang merupakan salah satu situs sejarah yang populer di Kota Semarang. Kawasan ini sendiri masih terdapat situs-situs wisata yang menganut gaya arsitektur dari masa Abad Pertengahan, Baroque, arsitektur Indis, serta gaya arsitektur modern. Tata ruang dari Kota Lama ini sangatlah unik dimana terdapat ruang pusat pemerintahan, ada juga ruang perdagangan dan bisnis (perbankan, kantor-kantor makelar, kantor-kantor konsulat dari berbagai negara, pertokoan), ruang peribadatan, ruang pertahanan dan keamanan, ruang publik, ruang hiburan, dan Kali Semarang yang menjadi jalur transportasi antara Laut Jawa dan Kota Semarang serta wilayah-wilayah lain di sekitarnya. Area Kota Lama Semarang atau yang sering juga disebut Outstadt atau Little Netherland ini mencakup setiap daerah di mana gedung-gedung nya didominasi oleh bangunan sejak zaman Belanda. Secara umum karakter bangunan di wilayah ini mengikuti bangunan-bangunan di benua Eropa pada era sekitar tahun 1700-an.

Selain Kota Lama, Kota Semarang juga memiliki situs sejarah lainnya yang tidak kalah populer dan indah yaitu Candi Tugu yang berada di Jalan Mangkang KM 11. Candi Tugu ini hanya berjarak sekitar dua kilometer dari IAIN Walisongo dan terpaut beberapa meter saja dari RSUD Tugurejo yang menjadikan letak Candi Tugu ini sangat strategis untuk dikunjungi. Konon, Candi Tugu adalah candi perbatasan antara kerajaan Majapahit dengan Pajajaran. Lama tak terurus, pada era penjajahan Belanda, tahun 1938 (atas masukan sejarawan J Knebel), diadakan pemugaran terhadap situs ini, lalu di bawah situs tersebut diletakkan prasasti dengan tulisan Belanda dan Jawa di bawahnya. Pada tahun 80-an, candi ini kembali direnovasi oleh Pemkot Semarang dan dijadikan sebagai tempat wisata budaya.

Kota Semarang selalu memiliki tempat yang dapat memanjakan mata sekaligus menjadi tempat untuk relaksasi bagi keluarga dan juga wisatawan baik domestik ataupun mancanegara. Situs populer bersejarah sendiri merupakan salah satu langganan situs wisata yang banyak digemari oleh wisatawan karena cerita dibaliknya yang selalu menggugah dan memberikan kesan tersendiri di hati para wisatawan. Pastikan Anda menjadi salah satu saksi dari situs peninggalan sejarah yang indah dengan mengunjungi Kota Lama dan Candi Tugu di Kota Semarang!

26



KONTAK KAMI