header_id
Selasa, 21 April 2015 17:57

Wisata Belanja

Rate this item
(0 votes)

Pusat oleh-oleh Pandanaran

 Jalan Pandanaran sisi barat identik dengan oleh-oleh khas Semarang. Jalan yang berada di tengah-tengah kota Semarang ini merupakan sentra jajanan oleh-oleh khas Semarang. Di tempat inilah makanan khas Semarang seperti lumpia, bandeng presto, dan wingko babat.
Selain lumpia, oleh-oleh khas Semarang yang juga banyak dijual di Jalan Pandanaran adalah bandeng presto. Bandeng presto adalah ikan bandeng berduri lunak karena dimasak menggunakan uap air bertegangan tinggi. Harga bandeng presto di Jalan Pandanaran sangat bervariasi, dari harga Rp 30.000 per ekor sampai dengan Rp 95.000 per kilogram.
Lain halnya dengan wingko babat, meski di Jalan Pandanaran banyak yang menjual namun semua penjual memakai label yang sama yakni wingko babat cap kereta api. Wingko Babat cap kereta api menawarkan berbagai rasa yang unik, seperti wingko babat rasa durian, rasa pisang, bahkan rasa coklat. Harga yang ditawarkan juga bervariasi tergantung besarnya ukuran dan rasa.
Jalan Pandaranan merupakan surganya para pecinta wisata belanja oleh-oleh di kota Semarang. Jalan ini selalu ramai dari pagi hingga malam dan akan bertambah ramai jika sudah memasuki akhir pekan.

 

Paragon Mall

Paragon merupakan pusat belanja terkemuka di pusat kota Semarang. Terletak di Jalan Pemuda , mall ini menjadi magnet wisatawan yang berkunjung di ibukota Jawa Tengah. Mall - membawa tema lifestyle and entertainment mall – dikelilingi hotel berbintang 5, sehingga outlet-outlet ternama dunia bersedia menghuni mall seluas 120.000 m2 ini. Fashion, shoes, culinary, Cafe, sinema, optik, bakery, restaurant, supermarket, fitness, salon kecantikan semua tersedia.

 

 

 

 

 

 Bandeng Juwana

 Bandeng Juwana – berlokasi di kawasan Jalan Pandanaran dan Jalan Pamularsih - adalah sebuah pusat oleh-oleh di Semarang yang tidak hanya menyediakan oleh-oleh khas Semarang saja, tetapi juga menyediakan aneka macam oleh-oleh khas Jawa Tengah seperti enting-enting gepuk, moaci, dan masih banyak lagi.

Produk andalan dari Bandeng Juwana adalah Bandeng Duri Lunak yang diproses dari bandeng pilihan sehingga menghasilkan suatu produk yang berkualitas. Selain itu, aneka produk olahan lainnya dengan bahan dasar bandeng seperti Otak-otak Bandeng, Bandeng Asap, Bandeng Goreng Telur dan lainnya.
Untuk menambah kenyamanan berbelanja di Bandeng Juwana Semarang, Bandeng Juwana juga membuka sebuah warung makan di lantai 2, dengan nama Warung Bandeng Juwana. Di warung ini disajikan berbagai macam masakan dengan bahan dasar bandeng juga. Adapun menu yang disajikan adalah Bandeng Tauco, Sate Bandeng, Gudeg Bandeng dan lain-lain.

Batik Jayakarta

Batik Jayakarta berdiri pada 29 September 2005 di Jl. Perintis Kemerdekaan 172, Semarang. Batik Jayakarta merupakan salah satu rintisan dari Toko Djakarta yang berlokasi di Pasar Johar, Semarang. Batik Jayakarta berupaya untuk mendukung dan ikut andil dalam melestarikan kekayaan budaya Indonesia.  Salah satu kekayaan budaya itu adalah batik. Koleksi batik yang dimiliki tidak hanya dari Semarang saja, kami sedang berupaya untuk melengkapi koleksi batik dari berbagai Kota dan Kabupaten yang berada di Jawa Tengah, seperti batik Pekalongan, Rembang, Solo, dan Yogyakarta.

Salah satu cara untuk melengkapi koleksi batik yang ada di Batik Jayakarta yaitu dengan mengenalkan batik melalui media visual dalam bentuk presentasi atau fashion show, agar mengubah cara pandang masyarakat mengenai batik yang kuno dan formal menjadi batik modern. Produk yang ditawarkan kepada pengunjung adalah produk clothing, footwear, bags, accesories, souvenir, batik fabric. Dengan motto melayani dengan ramah ditanamkan pada setiap staf dan karyawan, merupakan nilai tambah sehingga pelanggan menjadi nyaman berbelanja di Batik Jayakarta.

Kampoeng Semarang

Kampoeng Semarang yang berlokasi di Jl. Raya Kaligawe No.96 Semarang ini di bangun di atas tanah seluas 4000 m2 berjarak 3 km dari Bandara Ahmad Yani dan 2 km dari Pelabuhan Tanjung Mas. Kampoeng Semarang resmi dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah pada bulan Mei 2012 dan menjadi “One Stop Shopping & Leisure” terkemuka di Semarang.
Satu-satunya pusat oleh-oleh dan pusat handicraft di Kota Semarang, dan salah-satu destinasi wisata di Semarang yang memiliki branding sebagai “Center of Art, Craft, and Culture in Semarang” selama setahun terakhir ini telah memberikan ruang kreasi dan pemasaran bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah – UMKM di Kota Semarang pada khususnya dan Jawa Tengah pada umumnya dengan harapan besar untuk dapat menghasilkan UMKM yang tumbuh mandiri, inovatif, dan berdaya saing tinggi.
Beberapa outlet dan fasilitas disediakan oleh Kampoeng Semarang kepada pengunjung seperti:
WEBE – Outlet WeBe Bags, ASEM JAWA RESTO – Restoran, ASEM ARANG – Gallery Batik, UWOH ASEM – Gallery Dot Art, GODHONG ASEM – Pusat Oleh-oleh, KEMBANG ASEM – Pusat Souvenir, OMAH ASEM – Gallery Homeware, BLINK FOR KIDS BY WEBE – Outlet Produk Anak-anak, OMAH BATIK, KOPI PALANG, MEETING ROOM
Kampoeng Semarang bukan hanya pusat berbelanja, namun juga alternatif destinasi liburan keluarga di akhir pekan ataupun liburan sekolah.

Mal Ciputra Semarang

Mal Ciputra Semarang terletak di lokasi paling strategis, berada di kawasan Simpang Lima Semarang.  Mal - berbentuk segi enam seluas 20.000 m2 dan luas bangunan total 46.000 m2 - terdiri dari tiga lantai. Lantai dasar digunakan untuk toko eceran (retail shop) dan supermaket. Lantai satu untuk departement store, toko eceran, kafe, mainan anak-anak, salon dan toko buku. Outlet ternama seperti Pasar Swalayan Gelael, Robinson Dept. Store, Toko Gunung Agung, dll.

 

 

 

 



Java Supermall Semarang

Java Mall Semarang merupakan salah satu pusat perbelanjaan berlokasi di Jl Letjen MT Haryono No 992-994 Semarang . Mal ini identik dengan event dan pameran, terutama pameran komputer dan elektronik.   banyak dikunjungi oleh masyarakat warga kota Semarang. Paling ramai di Java Mall ini jika ada event berupa pameran Komputer. Untuk alternatif pusat perbelanjaan lainnya di kota Semarang, antara lain ada di daerah Simpang Lima seperti Mall Ciputra dan Plasa Simpanglima (Matahari), atau DP Mall di jalan Pemuda, atau juga di Mall terbaru dan termegah di Kota Semarang yaitu Mall Paragon City.

 

 



Batik Semarang 16

Batik Semarang 16 terletak di  Kampung Sumberejo Meteseh, Tembalang-Semarang. Angka 16 berasal dari Surat ke-16 dalam Alquran, yaitu An-Nahl yang berarti lebah madu.
Batik  produksinya tetap ramah lingkungan. Apalagi pewarnaan batik sanggar ini menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan dengan warna-warna alam dalam proses pembatikannya. Misalnya, jelawe, tingi, nila, kapur, tunjung, tegeran, tawas, secang, dan somba. Ciri khas karya Batik Semarang 16 adalah motif dan ragam hias yang mengambil artefak dan kekhasan Kota Semarang. Itu menyangkut beragam tema, dari khazanah eksotika Kota Lama Semarang, flora fauna khas, dunia kuliner, hingga kisah-kisah legendaris yang ada di setiap tempat di Semarang.

 

 

 

Omah Herborist

Omah Herborist merupakan salah satu destinasi Kota Semarang yang berlokasi di Kawasan Industri Candi Blok 5A /8, Ngalian Semarang. Wisatawan di samping dapat berbelanja produk perawatan kecantikan dengan harga murah, mereka juga dapat melihat museum mini yang memamerkan sejumlah warisan sejarah herbal dan bahan alami untuk kecantikan dan perawatan tubuh. Di luar itu, factory visit ( kunjungan proses produksi Herborist Beauty by Nature ), pemutaran film pendek, showroom yang menyediakan berbagai produk kecantikan dan perawatan tubuh berbahan alami, demo spa corner, dan beauty cafe dapat dinikmati pengunjung.


Read 645 times Last modified on Rabu, 24 Juni 2015 10:38
More in this category: « Wisata Alam Wisata MICE »

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Objek Wisata di Kota Semarang

Destinasi

Kesenian dan Kebudayaan di Kota Semarang

Seni dan Budaya

Akomodasi pendukung pariwisata di Semarang

Akomodasi

Sejarah, Geografis, Demografis, Fasilitas Publik

Tentang Semarang