header_id

Wisata Kuliner

Rate this item
(0 votes)

Lunpia

Semarang terkenal dengan makanan ini. Lumpia terbuat dari rebung yang dibungkus dengan lembaran tepung, bisa disajikan dengan digoreng lebih dahulu atau tanpa digoreng. Lumpia selain berisi rebung dapat diisi dengan telur ayam dan udang yang dirajang kecil-kecil. Juga bisa disajikan dengan saos, acar, dan daun bawang.

 

 

 

 

 

 

 Wingko Babat

Meskipun nama Babat adalah sebuah daerah pesisir di Jawa Timur, makanan yang terbuat dari bahan kelapa dan beras ketan ini kemudian makanan khas andalan Semarang. Seiring dengan perkembangan jaman, wingko diberi citarasa yang lebih beraneka ragam seperti coklat, durian, nangka dan lain-lain.

 

 

 

 

  

 

Bandeng Presto

Bandeng Presto adalah ikan bandeng yang dimasak dengan panci bertekanan tinggi biasanya disebut presto. Cara ini dilakukan untuk membuat duri ikan bandeng tersebut menjadi lunak sehingga enak untuk dimakan. Tempat penjualan bandeng presto ini juga menyediakan bandeng yang dipepes, otak-otak, dipanggang ataupun digoreng kremes. Untuk bandeng presto biasa cara masaknya cukup digoreng dengan memakai minyak panas. Bandeng dengan kondisi ini dapat disimpan dalam lemari pendingin dalam waktu yang cukup.

  

 

 

 

 

Ganjel Ril

Roti berwarna coklat di atasnya dilapisi wijen rasanya manis. Merupakan makanan khas Kota Semarang yang popular di masa lalu. Dinamakan ganjel ril karena bentuknya yang besar. Dapat diperoleh di toko roti HO Jalan KH. Wahid Hasyim.

 

 

 

 

 

 

 

Kue Mochi

Mochi Semarang yang sangat terkenal dengan Mochi Gemini. Kelebihan dari mochi Gemini ini adalah karena kue itu terasa lebih gurih di lidah dan taburan atasnya bervariasi, salah satunya adalah wijen. Tidak jelas sejarah mengenai kapan dan dari mana kue ini berasal, kue mochi telah mengalami variasi dalam rasa. Rasa durian adalah salah satu yang paling dicari bila wisatawan datang ke kota Atlas ini.

 

 

 

 

 

Tahu Pong 

Tahu Pong merupakan satu jenis tahu yang bagian luarnya digoreng kering sedang bagian dalamnya berongga.

 

 

 

 

 

 

 

Wedang Tahu

Wedang tahu adalah sejenis minuman yang beraroma jahe dan berisi sari tahu. Minuman khas yang bisa menghangatkan tubuh, khususnya di malam hari.

 

Read 834 times Last modified on Rabu, 24 Juni 2015 03:20
More in this category: « Wisata Religi Wisata Air »

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Objek Wisata di Kota Semarang

Destinasi

Kesenian dan Kebudayaan di Kota Semarang

Seni dan Budaya

Akomodasi pendukung pariwisata di Semarang

Akomodasi

Sejarah, Geografis, Demografis, Fasilitas Publik

Tentang Semarang