header_id
Selasa, 21 April 2015 17:45

Wisata Pendidikan

Written by
Rate this item
(0 votes)

Museum Ronggowarsito

Museum Negeri Provinsi Jawa Tengah Ronggowarsito berada di Jalan Abdulrahman Saleh No. 1 Semarang, diresmikan pada tanggal 5 Juli 1989 memiliki lebih dari 50.000 buah koleksi yang mempunyai nilai arkeologis, historis dan budaya. Terbagi dalam 10 jenis koleksi antara lain : koleksi geologika, koleksi biologika, koleksi etnografika, koleksi arkeologika, koleksi historika, koleksi numismatika, koleksi filologika, koleksi keramologika, seni rupa, teknologika.

 

  

 

 

   
Taman Budaya Raden Saleh

Taman Budaya Raden Saleh berfungsi sebagai pusat aktivitas kesenian dan budaya. Terletak di Jalan Sriwijaya No. 29 Semarang, berjarak sekitar 3 km dari Tugumuda, terbuka untuk umum setiap hari. Lokasi ini semula merupakan taman hiburan rakyat, berada  di kawasan kebun binatang yang dimiliki Kota Semarang. Dalam perkembangan waktu, dipandang tidak lagi cocok untuk lokasi kebun binatang lantas dipindah ke Tinjomoyo. Beberapa tahun kemudian Kebun Binatang Tinjomoyo dipindah ke wilayah Mangkang.

 

 

 


Museum Jamu Jago

Museum ini didirikan oleh Perusahaan Jamu Jago sebagai Pusat Informasi dan promosi hasil jamu. Museum ini memiliki koleksi foto-foto proses pembuatan jamu tradisional  hingga jamu yang diproses secara modern dengan mesin berteknologi terkini. Pabrik Jamu Jago adalah salah satu produk jamu tertua di Indonesia, terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan 273,  Srondol Semarang.

 

 

 

 


Museum MURI

Museum Rekor Indonesia (MURI) didirikan pada tahun 1990 sebagai sebuah lembaga swadaya masyarakat untuk menghimpun data dan menganugerahkan penghargaan terhadap prestasi superlatif karsa dan karya bangsa Indonesia demi menegakkan pilar-pilar semangat kebanggaan nasional mengajak bangsa Indonesia mau dan mampu menghargai karsa dan karya superlatif warga bangsa Indonesia sendiri.

 

 

 

 


Museum Jamu Nyonya Meneer

Museum Jamu Nyonya Meneer di Semarang merupakan museum jamu pertama di Indonesia. Di museum ini terdapat aneka macam jamu dan juga sejarah dari pembuatan jamu Nyonya Meneer. Jamu merupakan salah satu warisan Indonesia. Khasiat jamu yang terkenal dapat mengobati berbagai macam jenis penyakit sudah dikenal ratusan tahun yang lalu. Museum yang berada di Jalan Raya Kaligawe, Semarang ini menyimpan koleksi aneka peristiwa bersejarah tentang proses pembuatan jamu dan berbagai macam jenis jamu.

 

 

 



Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah

Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah ini terletak di menara atau Tower Asmaul Husna Lantai 2 dan 3, kompleks Masjid Agung Jawa Tengah, di Jalan Gajah Semarang.  Museum ini mencatat sejarah perkembangan agama Islam di Jawa Tengah. Artefak- artefak seperti iluminasi Al Qur’an, Wayang golek Menak, Wayang Sadat, Gayor Masjid Sunan Muria, Gamelan, Ornamen Dua Sisi, Ornamen Masjid Mantingan, Keramik, Koleksi peninggalan Islam Awal, Artefak Kapal dagang, Miniatur menara Kudus ada di Musuem Perkembangan Islam Jawa Tengah ini.

 

 

 



Museum Mandala Bhakti

Museum Mandala Bhakti  terletak di Jalan Soegijapranata No. 1 Semarang, berhadapan dengan monumen Tugumuda. Bangunan museum dirancang oleh arsitek Belanda I. Kuhr E. dari Firma Ooiman dan van Leeuwen pada awalnya digunakan untuk Raad van Justitie atau Pengadilan Tinggi bagi golongan rakyat Eropa di Semarang. Bangunan ini diperkirakan dibangun sekitar tahun 1930. Tahun 1950-an bangunan ini digunakan oleh Kodam IV/Diponegoro sebagai Markas Besar Komando Wilayah Pertahanan II. Pada tahun 1985 resmi digunakan untuk museum yang menyimpan koleksi tentang data, dokumentasi, dan persenjataan TNI baik yang tradisional maupun modern.

Seluruh koleksi yang tersimpan dalam museum, merupakan bukti fisik dan faktual sejarah perjalanan Kodam tersebut. Di depan museum Mandala Bhakti diletakkan senjata berat 25 PDR field gun yang kondisinya masih baik. Salah satu koleksi yang bernilai sejarah tinggi ialah pistol kuno jenis Luger dan machine gun Browning. Senjata ini diyakini digunakan dalam pertempuran lima hari di Semarang. Museum ini juga memiliki artefak militer Indonesia yang menakjubkan dan foto-foto pahlawan Indonesia.
Museum ini dibuka untuk umum dari Selasa sampai Kamis (08.00 – 18.00), Jumat (08.00 – 10.30), Minggu (08.00 – 12.00). Hari senin, sabtu dan hari besar tutup.

Akademi Kepolisian Republik Indonesia ( Akpol )

Satu-satunya Akademi Kepolisian di Indonesia atau sering disingkat Akpol berada di Semarang. Akpol terletak di Jalan Sultan Agung 131, Gajahmungkur Semarang. Akademi ini mencetak perwira Polri dengan kurikulum yang melaksanakan 2 Program Operasional Pendidikan dan Pelatihan yang terdiri: Program Operasional Pendidikan dan Pelatihan Taruna, dengan pola pendidikan 1 – 6– 4, yang mengandung pengertian :1 semester Dikdas Bhara, 6 Semester Pembentukan Perwira Polri dan 4 Semester Pengembangan Ilmu Kepolisian (PA mahasiswa) diberlakukan untuk Detasemen “ 44 “ – Wiratama Bhayangkara dan Detasemen “ 45 “ – Budi luhur Bhayangkara. Sedangkan Program Operasional Pendidikan dan Pelatihan Taruna dengan Pola pendidikan 1 – 11, yang mengandung pengertian : 1 semester Dikdas Bhara,dan 11 semester Pendidikan Profesi Teknis Kepolisian (Pembentukan PA Polri dan Pengembangan Ilmu Kepolisian).

 



Puri Maerokoco Jawa Tengah

Puri Maerokoco Semarang Jawa Tengah adalah sebuah obyek wisata yang berada di Jalan Yos Sudarso kurang lebih 5 km dari Tugumuda, yang merupakan satu komplek dengan PRPP. Sebagai taman mini Jawa Tengah yang merupakan prototip rumah adat  dari tiap-tiap daerah kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Pengunjung dapat belajar sejarah budaya dan arsitektur rumah adat 35 kabupaten dan kota yang ada di Jawa Tengah. Tiap anjungan menggelar hasil-hasil industri dan kerajinan yang diproduksi oleh masing-masing daerah. Selain menampilkan rumah-rumah adat, obyek wisata ini dilengkapi dengan fasilitas rekreasi air seperti, sepeda air, perahu, juga kereta bagi pengunjung. Lokasinya mudah dijangkau dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Read 572 times Last modified on Jumat, 03 Juli 2015 01:46
More in this category: « Wisata Desa Wisata Lingkungan »

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Objek Wisata di Kota Semarang

Destinasi

Kesenian dan Kebudayaan di Kota Semarang

Seni dan Budaya

Akomodasi pendukung pariwisata di Semarang

Akomodasi

Sejarah, Geografis, Demografis, Fasilitas Publik

Tentang Semarang