• Jam Operasional: Senin - Kamis (08.00 - 16.00) | Jumat (07.30 - 14.00)
  • img-1
Mengusung Tema “Heritage in Diversity”, Festival Kota Lama 2024 Telah Berlangsung Meriah

Mengusung Tema “Heritage in Diversity”, Festival Kota Lama 2024 Telah Berlangsung Meriah

By Super Admin  

Mengusung Tema “Heritage in Diversity”, Festival Kota Lama 2024 Telah Berlangsung Meriah

Festival Kota Lama merupakan acara tahunan yang telah diselenggarakan per-tanggal 5-15 September 2024 dengan mengusung tema “Heritage in Diversity”. Acara ini tak hanya menghadirkan kesenian musik saja, akan tetapi menyajikan kesenian-kesenian daerah seperti tari-tarian, wayang orang, pameran busana, dan juga wisata kuliner. Dengan menggandeng beberapa komunitas kesenian, acara Festival Kota Lama Semarang ini sukses menarik para pengunjung untuk turut ikut memeriahkan Festival Kota Lama yang terbukti dari banyaknya pengunjung yang datang, walaupun hanya sekedar melihat dan mengabadikannya. Kawasan Kota Lama yang penuh sejarah dan juga peninggalan ini tentunya dapat dijadikan sebagai spot wisata sekaligus nongkrong serta cagar peninggalan sejarah yang kemudian disajikan dalam rangkaian acara festival ini.

Festival Kota Lama ini berlangsung tepatnya di pelataran Gedung RNI River View Kota Lama,  yang juga merupakan salah satu bangunan peninggalan bersejarah. Acara ini dibuka dengan Orchestra in Diversity, kemudian tari perjuangan yaitu Tari Balakosa merupakan tarian yang menggambarkan ksatria Jawa yang bersiap, berlatih, dan juga berjuang untuk merebut kemenangan di medan perang. Kemudian dilanjut dengan tari-tarian dari berbagai daerah yang ikut memeriahkan Festival Kota Lama dengan menyumbangkan tarian mereka, diantaranya ada Tari Warak Dugder, Tari Pesisiran, Tari Tumenggung Bahurekso, Tari Dolanan Lir-Ilir, dll. Tak hanya menampilkan tari, Festival Kota Lama ini juga menyajikan Wayang On The Street, dan juga pameran busana seperti Parade Milenial Berkebaya dan Pikat Wastra Nusantara & Funky Kebaya. Selain itu, adapula Festival Bunga & Nyiur Nusantara dan juga Internasional Fiesta Folklore. Yang terpenting, disini juga terdapat Kuliner Nostalgia Pasar Sentiling yang menyajikan makanan khas Nusantara yang berhasil menarik perhatian banyak orang untuk mengunjungi dan menyicipinya.

Dalam perayaannya yang ke-13 kemarin, Festival Kota Lama Semarang ini diselenggarakan bukan hanya sekedar acara festival biasa. Selain menjadi ajang bertemunya para pelaku kesenian dan pelaku usaha, festival ini juga bisa menjadi festival yang memperkenalkan berbagai budaya daerah dan usaha daerah seperti pada acara kesenian dan wisata kuliner yang telah dilangsungkan. Hal tersebut tentunya telah membuka jaringan kerja antara satu pihak dengan pihak yang lain, baik dari masyarakat, komunitas, dan pemerintah yang turut andil dalam mengembangkan kebudayaan dan usaha kuliner dalam sebuah festival saja. Sehingga, Festival Kota Lama Semarang 2024 yang sudah berlangsung ini sukses menarik banyak pengunjung dan menambah daya tarik wisatawan luar.

26



KONTAK KAMI